Apa Yang Tuhan Butuhkan dari Manusia ?

Mzm 103 :1-5  “Dari Daud. Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus hai segenap batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu, Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat, Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi seperti pada burung rajawali.”

Tuhan sumber segala sesuatu. Dia selalu memberkati kita dengan segala kebaikannya. Yang Tuhan tidak bisa lakukan adalah memuji diri-Nya sendiri.Itulah sebabnya kita memberkati Tuhan dengan lagu atau kata-kata pujian kita. Apa yang kita puji-puji dari Tuhan menurut alinea ayat-ayat di atas?
1. Pujilah nama-Nya yang kudus. Nama Allah memang kudus. Tetapi lebih dari itu namaNya dahsyat, ajaib, berkuasa, mulia dst.

2. Pujilah semua kebaikkanNya dan jangan melupakan kebaikanNya terutama di masa-masa sukar dalam kehidupan kita, janganlah melupakan kebaikanNya dan mengucap syukurlah senantiasa.

3. Kita memuji Dia karena Dia sudah mengampuni dosa dan kesalahan kita. Kita diangkatNya menjadi anakNya, dijadikan umat pilihanNya, dijadikan biji mataNya, disayang, dipelihara dan dilindungi dan di atas segalanya diberi keselamatan di akhir hidup kita.

4. Dia menyembuhkan segala penyakit kita, Dia telah menanggung semua penyakit dan kelemahan kita di dalam tubuhnya di kayu salib dan bilur-bilurNya sudah menyembuhkan kita.
I Pet. 2: 24 ” Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuhNya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilurNya kamu telah sembuh.”

Yes 53:5 ” Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita, ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.”

5. Dia menebus kita dari lubang kubur. Hal ini bisa mempunyai pengertian yaitu menyembuhkan kita dari penyakit yang membawa kematian dan melepaskan nyawa kita dari maut yaitu dari neraka.

6. Dia memahkotai kita dengan kasih setia dan rahmat. Artinya ada berkat-berkat indah dan berharga di atas kepala kita.

7. Dia memberkati kita dengan kepuasan. Hasrat hati kita dikabulkanNya dengan kebaikan-kebaikan.

8. Dia yang sanggup memperbaharui masa muda kita menjadi seperti burung rajawali. Artinya Dia yang menyanggupkan kita untuk menjadi kuat, tabah, teguh, di dalam menghadapi tantangan dan konsisten di dalam tujuan hidup.

Pada saat kita mengucapkan berkat-berkat  di dalam pujian kita kepada Allah, sesungguhnya kitapun sedang menyediakan suatu tudung berkat yang menudungi kita dari sekarang sampai ke masa depan kita. Berkat ini bisa kita umpamakan seperti kembang api raksasa yang kita luncurkan dari tangan kita naik ke angkasa lalu mengembang dengan percikan bunga apinya yang berwarna-warni turun seperti hujan berkat.
Allah memiliki banyak cara yang cerdik untuk memberkati kita.Ratakan jalan di depanmu untuk satu kehidupan yang diberkati.Untuk itu anda harus membayar harga.Tuhan dapat memberkati siapa saja termasuk kita. Allah sedang bekerja di dalam diri kita. Diapun mengucapkan ucapan-ucapan berkatNya atas kita. Kitapun memiliki satu bagian untuk membawa berkat dan mengucapkan berkat bagi kehidupan orang lain.
Berkat yang dari Tuhan mempunyai kuasa pelipatgandaan. Sebagai contoh :
Pada saat Yesus memegang roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya dan membagikannya kepada orang banyak melalui murid-muridNya terjadilah multiplikasi.
Mrk. 6 : 41-43 ” Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-muridNya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu , begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikanNya kepada semua mereka. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti dua belas bakul penuh, selain dari pada sisa-sisa ikan.”

5 ketul roti dan 2 ekor ikan mengenyangkan 5000 orang laki-laki saja dan sisanya masih 12 bakul. Pada lain kesempatan Dia melakukan hal yang sama dan 7 ketul roti mengenyangkan 4000 orang. Tetapi juga masih banyak sisanya.
Kapan multiplikasi itu terjadi ? Apakah saat berdoa mengucap syukur ? Multiplikasi itu terjadi pada saat roti itu diberkati dan dipecah-pecahkan

Praktekkan itu dalam kehidupanmu.Mungkin buku tabungan anda sedang kosong. Ambillah dan ucapkan berkat atasnya.
Ambillah dompetmu yang kosong, berkatilah, ucapkanlah kata-kata berkat. Tanam-tanaman di kebun, ternak-ternak di kandang, stok-stok dagangan, tumpang tangan dan ucapkan berkat.
Ucapkan berkat atas kolam-kolam ikanmu, atas kendaraan dan semua aset yang Tuhan berikan. Ucapkan berkat atasnya.
Jangan lupa tentu ucapkan berkat atas dirimu sendiri dan terutama untuk keluargamu.
Apakah kita juga harus memberkati musuh kita, orang yang memusuhi atau yang berbuat jahat kepada kita? Ya kita harus memberkati semua orang termasuk orang yang menganiaya kita.
Rm. 12: 14 ” Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!”
Apakah kita ingat akan Yakub di dalam PL? Dia adalah orang yang mempunyai hati sangat rindu untuk diberkati.
1. Dia minta hak kesulungan dari Esau
Kej. 25: 31 –“Tetapi kata Yakub:” Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu”
2. Dia minta berkat anak sulung kepada Ishak ayahnya.
Kej. 27:19 –“Kata Yakub kepada ayahnya :” Akulah Esau, anak sulungmu. Telah kulakukan, seperti yang bapa katakan kepadaku. Bangunlah, duduklah dan makanlah daging buruan masakanku ini, agar bapa memberkati aku”.
3. Dia minta diberkati oleh malaikat yang bergulat dengan dia di tepi Sungai Yabok.
Kej. 32:26 – “lalu kata orang itu:” Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Sahut Yakub :” Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku”.

Dan masih banyak lagi contoh dari kehidupan Yakub.
Di dalam PB kitapun melihat banyak orang yang merindukan berkat. Sebagai contoh: banyak wanita membawa anak-anaknya kepada Yesus untuk diberkati. Orang-orang yang merindukan berkat semuanya tidak takut tantangan. Mereka selalu menerobos dan Tuhan menghargai dan meluluskan keinginan mereka. Melalui ucapan-ucapanmu katakanlah berkat. Di dalam hati sanubarimu kandunglah berkat.
Allah ingin memberkati kita dengan jodoh, dengan anak-anak, dengan keluarga dan rumah tangga yang komitmen kepada Tuhan dan yang melayani Tuhan.

Tinggalkan komentar

Filed under Nats Rohani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s