Keinginan, Keputusan, Keteguhan dan Kedisiplinan

Siapa yang ingin Sukses? Pertanyaan ini, telah saya tanyakan kepada puluhan ribu orang yang telah saya temui dari seminar ke seminar dalam 2 tahun terakhir. Hampir 100% orang, akan mengangkat tangan, ketika pertanyaan ini ditanyakan. Dan mereka akan mulai bingung, ketika ditanyakan, sukses seperti apa yang anda inginkan  ?

Apakah anda telah memiliki definisi yang cukup jelas tentang sukses? Banyak yang akan tergagap, ketika mereka diminta lebih detail..

“bahagia pak”

“punya banyak uang pak..”

“punya mobil dan rumah bagus pak….”

Menurut survey, dari 100 orang yang menggantungkan diri dari asuransi, hanya 1 orang yang benar-benar kaya, 4 orang bebas secara finansial, 15 bisa hidup sukses, karena memiliki tabungan lainnya, sementara yang 80 orang menjadi tergantung kepada orang lain. Itu adalah salah satu fakta, seseorang yang telah menyiapkan masa tuanya menggunakan tabungan dengan disiplin yang sangat panjang dalam asuransi pun, ternyata tidak benar-benar berhasil secara keuangan, apalagi, jika anda tidak benar-benar menyiapkannya.

Dalam pencarian saya, untuk merencanakan pensiun yang Financial dan Time freedom, Sekitar 9 tahun yang lalu, saya menemukan dan mulai menerapkan, suatu formula yang telah digunakan oleh guru-guru dunia seperti Robert T. Kiyosaki, Brian Tracy, Jim Rohn bahkan Antony robbin. Formula ini, dalam bahasa inggrisnya disingkat 4D. Ingin tahu formula ini? Inilah dia…

1. Desire

Keinginan yang kuat adalah suatu fondasi, jika anda benar-benar ingin sukses dalam hidup ini. Apakah anda sudah memiliki minat atau keinginan untuk mempersiapkan kesehatan keuangan anda? Apakah anda sudah tahu persis, rumah seperti apa yang anda ingin miliki? Perjalanan seperti apa yang akan anda nikmati? Berapa besar asset yang anda miliki ketika pensiun nanti? Tidak banyak, orang yang benar-benar tertarik untuk menyiapkan masa depan financialnya. Jika anda benar-benar tertarik dan memiliki keinginan yang kuat, maka anda sudah berada pada D yang pertama, yaitu Desire, atau keinginan. Ini sudah menjadi modal awal yang baik…

Tips dari saya; Tulislah keinginan-keinginan itu, semua keinginan anda, dari situ anda tentukan mana yang benar-benar anda inginkan, yang jika anda bayangkan itu telah tercapai anda bisa menjadi sangat bangga, sangat bahagia dan mungkin anda bisa meneteskan air mata. Anda merasa, menjadi orang yang berguna, dikandung dan dilahirkan oleh ibu anda di muka bumi ini…tulislah, perjelaslah..Clarity is Power, Kejelasan adalah kekuatan…ada pepatah, mungkin tidak semua apa yang kita impikan akan jadi kenyataan, tapi kita tidak akan mencapai apa-apa jika kita tidak memiliki impian yang jelas. Fakta menunjukkan, 27% orang dimuka bumi ini, hidup dibawah garis kemiskinan, lebih karena faktor tidak memiliki keinginan yang kuat…bagaimana dengan anda? Berani bermimpi kan?

2. Decision

Ketika anda telah menginginkan untuk suatu ketika memiliki kesuksesan atau kebebasan financial, maka anda harus mengambil keputusan. Keputusan ini perlu dilakukan, karena perjalanan menuju sukses akan menemui berbagai rintangan dan hambatan. Ketika anda berhasil membuat keputusan, maka hati anda akan lebih mantap untuk menjalaninya. Metode yang bisa membantu anda, untuk mengambil keputusan yang sesuai adalah dengan mengetahui, apa sengsarannya, apa susahnya, apa penderitaan yang amat sangat yang akan anda hadapi, jika anda gagal secara financial. Penderitaan itu, bisa jadi penghinaan dari tetangga anda, calon mertua anda, bisa jadi juga perasaan tidak bangga orang-orang yang anda cintai, anak-anak anda tidak sekolah dll.

Ini sangat penting, karena cara kerja sel-sel tubuh kita, sistem syaraf dan aliran darah tubuh kita, bekerja hanya dengan dua hal saja, yaitu menghindari sengsara dan mengejar nikmat. Menghindari sengsara, memiliki kekuatan sekitar 88%, dan mengejar nikmat, memiliki kekuatan sekitar 12%. Membayangkan sengsara dan penderitaan yang amat sangat dengan sangat detail, akan membuat anda maju dan tak akan mundur lagi. Untuk mempercepat anda mencapai impian anda, anda bisa membayangkan apa padanan fisik yang akan anda peroleh jika anda sukses nantinya. Misalnya, mobil yang bagus, rumah yang bagus dan besar, perjalanan keluar negeri, umroh atau naik haji bersama orang tua dan lain-lain adalah contoh padanan fisik yang banyak digunakan oleh orang-orang sukses dalam memvisualisasikan kesuksesannya.

Tips dari saya; Ketika anda telah mengambil keputusan, visualisasikanlah apa yang akan anda raih dalam hidup, menjelang tidur dan ketika anda bangun dari tidur anda. Pada saat itu, kondisi pikiran kita sedang alpha, dan jika anda program rasa syukur, kebahagiaan, kebanggaan, percaya diri saat-saat seperti itu, maka itu akan menjadi realitas di dalam hidup anda.

3. Determination

Determination adalah kebulatan tekad, keteguhan hati…

Sampai di langkah kedua, anda masih berada pada tahapan pemikiran dan perasaan. Determination, anda di uji di level tindakan. Banyak orang yang memiliki cita-cita yang tinggi, hasrat yang kuat, namun dia gagal ketika melihat dan bertemu, jalan menuju sukses ternyata begitu berliku, banyak tanjakan dan turunan, batu-batu penghalang terlalu banyak untuk dilewati. Disini anda perlu memiliki determinasi, keteguhan hati yang tinggi, hasrat yang menggebu-gebu, membara dan tak terpadamkan. Anda berpikir, sukses adalah suatu nilai kehidupan yang perlu anda raih. Ini adalah hasil dari sebuah keputusan, seakan tidak ada jalan lain yang harus ditempuh, Maju atau Menang…

Tips dari saya; Bangunlah lingkungan kelas satu…orang-orang yang akan mendukung pencapaian anda. Robert T. Kiyosaki mengatakan, Pemenang berkumpul dengan pemenang, pecundang bergerombol dengan pecundang. Ini terlihat nyata dalam kehidupan nyata kita, itik akan berkumpul dengan itik, elang bergaul dengan elang…yang manakah yang anda akan tempuh? Apa pun keputusan anda sekarang, akan sangat menentukan masa depan anda…

4. Discipline

Hal yang berikutnya yang menjadi faktor penentu dalam kesuksesan adalah Disiplin. Disiplin dalam meraih tujuan atau impian hidup anda. Disiplin ini, meliputi disiplin pikiran, perasaan dan tindakan. Banyak orang gagal, karena dia tidak disiplin pada pikiran, tidak FOKUS, terlalu banyak hal yang dikerjakan, sehingga menyebabkan pikiran menjadi tidak fokus. Disiplin perasaan juga menjadi salah satu sebab kegagalan, ketika orang lain terlihat hidup dengan tidak terlalu ngoyo, tidak terlalu ngotot, dan terlihat damai, orang menghina dan mengejek jalan yang kita tempuh, kadang-kadang, disinilah perasaan kita menjadi bimbang dan ragu. Akankah kuteruskan perjalananku, atau mengikuti seperti yang orang kebanyakan lakukan?

Saya pribadi punya prinsip dalam hal ini, ” Hanya ikan mati, yang berenang mengikuti arus”.

Saya tidak mau, karena melihat orang rata-rata, lalu saya memperlambat kecepatan saya. Kita memang sekali waktu, perlu istirahat, merenung dan instropeksi diri, tapi bukan berarti kita akan membiarkan diri kita menjadi 56% orang, yang hidupnya tergantung pada orang lain, ketika usia pensiun nanti.

Apa cita-cita, impian dan tujuan hidup anda? Sukses Financial, mungkin adalah salah satu pendukung utamanya. So..kenapa tidak rancang masa depan anda dari sekarang dengan FORMULA 4D ini?

Pernahkah anda meragukan kemampuan anda dalam melakukan sesuatu?

Mungkin anda ingin membuka usaha, tapi anda mengatakan pada diri anda..”wah, jangan-jangan, nanti saya gagal”

Mungkin anda ingin mencoba, satu cara baru, dalam kerja anda, tapi anda berkata pada diri sendiri “wah, yang cara lama aja sudah terbukti, ngapain coba-coba cara yang baru? Kalo salah bagaimana?”

Bisa jadi, anda ingin mencoba jalan baru, keluar dari rutinitas anda, jalan pulang pergi anda menuju ke kantor…dan anda berkata dalam hati…”jangan-jangan nanti tersesat, malah jadi lebih lama”

Perasaan dan pikiran seperti itu, terjadi dalam diri setiap orang. Setiap orang melakukan self talk sekitar 60.000x setiap harinya. Dan penemuan termutakhir adalah, Kualitas hidup setiap orang, tergantung dari kualitas self talk yang dilakukannya setiap hari itu.

Seperti yang dikatakan oleh Brad Sugars, sang pendiri ACTION COACH yang telah berkembang lebih dari 26 negara, “Kualitas Hidup anda, ditentukan oleh kualitas pertanyaan anda”

Banyak orang yang tidak menyadari, bahwa dirinya dibatasi oleh pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya, kepada dirinya sendiri. Pertanyaan-pertanyaan, yang akhirnya menjadi batasan dirinya.

Misalnya, ketika anda sedang berpikir, untuk membangun usaha sendiri. Karena krisis global dan krisis moneter yang telah anda temui di 1998 dan 2008, membuat anda selalu deg-degan ketika melihat berita PHK besar-besaran di koran. Bahkan anda menjadi depresi, hanya karena melihat ramalan para ekonom, tentang kesulitan ekonomi yang mungkin akan dihadapi untuk masa depan. Anda sudah tahu bahwa jawabannya, anda harus mempunyai usaha sendiri. Apalagi anda lihat-lihat, ternyata kebutuhan barang-barang selalu naik, sementara perusahaan belum bisa mengikuti perkembangan terakhir dan memang biasanya selalu lambat dalam mengikuti perubahan…

“Saya harus buka usaha sendiri..saya harus belajar..”, gumam anda sambil mengepalkan tangan..

Tiba-tiba…dari dalam hati, ada suara yang halus yang menyahut ..

“nanti kalo kamu gagal gimana?”

“apa gak sayang, semua uang tabungan yang telah dikumpulkan puluhan tahun terkuras habis?”

“bagaimana sekolah anak-anak nanti?”

“Apa kata temen-temen di kantor?”

Dst….dst…

Tekad anda untuk membuka usaha tiba-tiba di bombardir oleh self talk yang melemahkan anda…

Inilah yang dimaksud dengan self limitation..

Tiba-tiba anda dibatasi oleh bisikan-bisikan kecil yang melemahkan…

Kualitas pertanyaan anda, menentukan masa depan anda…

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Saya usul sebuah tips kecil, yang biasa saya lakukan, ketika mengalami hal ini…

Rubah pertanyaannya menjadi positif..misalnya:

“Bagaimana caranya, agar saya lebih bisa memastikan, bahwa kemungkinan sukses mendekati 100%”

“Cara apa yang saya lakukan, agar saya mempertaruhkan hanya sebagian tabungan, dan bisa kembali dalam 3 bulan atau 6 bulan?”

“Bagaimana cara memastikan, agar SPP anak-anak tetap aman, sementara saya mencoba usaha baru saya?”

“Bagaimana caranya, agar temen-temen di kantor mau memberi dukungan moral kepada saya, ketika saya memulai, atau bahkan menghadapi tantangan dalam bisnis saya?”

Apakah anda melihat perbedaan-perbedaan perasaan yang muncul, ketika pertanyaan-pertanyaan itu dilontarkan kepada anda?

Lebih bersemangat bukan? Lebih kreatif dalam berpikir untuk menemukan cara-cara baru untuk sukses bukan?

Ok..semoga ini bermanfaat, segera rubah kualitas pertanyaan anda…itu pasti merubah kualitas hidup anda..

Tinggalkan komentar

Filed under Opini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s