Kesaksian Jujuk-Srimulat

Panggilan Tuhan Membuatnya takut mati

Bagi penggemar panggung komedi di tahun 80-an, pasti mengenal sosok wanita yang satu ini. Dulu, bersama Gepeng, Asmuni, Timbul, dan Tarzan, ia sering tampil di berbagai acara panggung. Nama itu terus berkibar, setelah dirinya sering didaulat berperan sebagai seorang juragan atau boss dalam setiap lakon, baik itu di televise maupun panggung-panggung terbuka, seperti di kota Surabaya, Solo, dan Jakarta.

Nama wanita itu adalah Jujuk. Lalu apa sebenarnya yang menarik dari komedian yang satu ini? Istri tercinta pencetus sekaligus pimpinan teras Srimulat Teguh tersebut, pada tahun 2003 lalu memproklamirkan diri sebagai pengikut Kristus. Banyak orang mengenalnya, tetapi sedikit yang tahu kalau dirinya sekarang jadi kristen. Kepada GAHARU wanita yang selalu tampil ayu bak putri Solo ini berkisah dan menuturkan bagaimana proses pengenalannya terhadap Kristus.

Eksistensi Srimulat dalam perjalanannya memang mengalami pasang surut, bahkan sempat vakum dalam kurun waktu yanhg cukup lama. Kehadirannya kembali berkibar sekitar tahun 90-an, ketika salah satu stasiun televisi swasta mengontrak grup ini dalam acara panggung srimulat di indosiar. Sepeninggal Teguh yang dipanggil Tuhan beberapa tahun silam, jujuk memutuskan menikah kembali dengan seorang perjaka. “Maaf namanya tak usah disebut ya,” pintanya sambil tersenyum. Dalam pernikahan yang diharapkan akan menuai kebahagian, seperti yang direguknya bersama Teguh dulu, ternyata jauh panggang dari api. Malah sering terjadi kesalahpahaman yang ujung-ujungnya terjadi pertengkaran. “Rumah tangga saya bagaikan neraka,” tandasnya.

Dengan berbagai persoalan yang begitu pelik itulah membuat fisik dan mental ibu empat orang anak ini lemah. “Saya tertekan, bahkan tak kuasa menahanya. Kejadian ini saya rasakan saat manggung bareng bersama pelantun tembang-tembang campur sari, Didik Kempot. Sampai dirumah tubuh saya limbung dan gelap sekali. Saya benar-benar rapuh.
Dalam kegelapan itu saya mencoba memanjatkan doa permohonan sesuai dengan kepercayaan saya dulu. Tiba-tiba saya mendengar panggilan dalam bahasa jawa “Muliho-muliho” artinya pulanglah-pulanglah . Mendengar panggilan itu saya ketakutan luar biasa. Sebab yang saya pahami dari nenek moyang saya dulu, pulang itu bisa berarti dipanggil Tuhan alias meninggal. Inilah yang membuat saya takut luar biasa. Jujur saja saya belum siap kalau Tuhan panggil. Maka secara spontan saya mengajukan permohonan kepada Tuhan, jangan Kau panggil saya sekarang Tuhan, karena saya belum siap mati. Tetapi suara itu tetap terdengar bahkan sampai tiga kali. Nah pada panggilan ketiga, suara itu menambahkan supaya saya pulang dengan membawa semua barang-barang saya yang ketika itu dikuasai oleh suami kedua saya ini. Disinilah saya meyakini bahwa panggilan pulang itu supaya saya kerumah dulu dasn membawa barang-barang saya, Saya meyakini bahwa itu adalah suara Tuhan,” jelasnya.

Minta didoakan
Dengan sisa tenaga yang masih ada, Jujuk segera pulang ke rumahnya.
Seperti perintah yang duyakini sebagai suara Tuhan, ia mengambil dan membawa serta barang-barang berharga miliknya. “Sebenarnya barang-barang itu juga hasil jerih lelah saya selama ini. Saya semakin yakin itu suara Tuhan, seminggu setelah saya mendapatkan kabar ada masalah dengan orang yang bersengketa dengan saya. Dari situlah saya menyadari bahwa Tuhan itu memang baik. Karenanya saya minta keempat anak saya untuk mendoakan. Sebab mereka sudah terima Yesus terlebih dahulu. Awalnya mereka kaget. “Mama tahu kan apa doa saya?” tanya mereka. Lalu saya katakan saya tahu, tetapi tolong mama didoakan.
Sewaktu didoakan itulah saya menangis sejadi-jadinya dan bicara tidak karuan. Sekarang saya baru tahu kalau yang saya alami itu adalah bahasa Roh. Saya mengerti apa yang saya katakan, tetapi anak-anak dan hamba Tuhan yang mendoakan waktu itu sama sekali tidak tahu apa maksud kata-kata saya itu. Sejak itulah, saya memutuskan untuk menerima Yesus, bahkan sekarang aktif di GBI Keluarga allah, Solo, dan pelayanan secara Oikumene,” kisahnya.

Ternyata hanya di dalam namaNyalah ada kelegaan. Melalui peristiwa inilah segala beban berat yang ada dalam dirinya terangkat. Dan yang lebih dasyat lagi, Tuhan meminta untuk mengampuni orang yang bermasalah dengannya. “Jujur itu sangat berat, sebab orang seperti itu tak layak mendapat pengampunan. Selama satu tahun saya bergumul untuk bisa mengampuninya. Dan luar biasa akhirnya saya bisa melakukannya, ” ujarnya. Setelah menerima Yesus. Mujizat demi mujizat terjadi dalam hidup saya, “Rasanya saya sampai tidak bisa bercerita mukjizat yang saya alami satu persatu karena saking banyaknya, wis kalau mau tahu lebih banyak mujizat yang saya alami datang ke Solo saja nanti pasti
saya akan bercerita banyak”, tukasnya dengan gaya Srimulatnya.
–YU-TUK.

Diambil dari Majalah GAHARU EDISI 54 tahun ke 7 – 2008

6 Komentar

Filed under Sosial Kemasyarakatan

6 responses to “Kesaksian Jujuk-Srimulat

  1. BKRAN

    Badan Kesinambungan Rekonstruksi Aceh dan Nias (BKRAN). Dengan masa tugas sampai dengan 31 Desember 2009.

    pemda di kepulauan Nias tahun 2009 ini sebesar Rp 680,87 miliar terdiri dari Rp 277 miliar dari APBN sedangkan sisanya dari Multi Donor Fund.
    Anggaran tersebut digunakan untuk, pembangunan perumahan dan pemukiman, jalan propinsi/kabupaten, dan infrastruktur lainnya. Juga untuk kegiatan ekonomi, sosial kemasyarakatan dan kelembagaan

  2. PBS

    Dahsyatnya Pikiran Bawah Sadar

    Rasa marah, kecewa, sedih, terpukul, atau apa saja yang sifatnya emosional, tersimpan di dalam pikiran bawah sadar (PBS). Rasa itu akan tetap di sana sampai kita mengambil pelajaran darinya. PBS adalah bagian dari pikiran yang dapat diprogram untuk kebaikan kita sendiri.

    Secara umum manusia selalu terfokus pada sesuatu yang ada di hadapannya. Artinya, manusia memikirkan, membicarakan, menyikapi, dan melakukan hal-hal dalam kehidupannya sehari-hari secara sadar.

    Menurut Dr. Tb. Erwin Kusuma, Sp.KJ, praktisi terapi hipnosis dari Klinik Pro V, hal seperti itu sangat jamak; bahwa kita hanya menyadari pikiran yang ada pada alam sadar. Sebetulnya pada saat itu alam sadar kita bekerja sama dengan pikiran bawah sadar (PBS), yang turut bekerja di batik layar.

    PBS, tambah Issa Kumalasari, Direktur Starfield Institute dan pengajar TLT (Time Line Theraphy), adalah bagian penting dari pikiran yang secara tidak sadar memengaruhi kehidupan kita. Menurutnya, PBS adalah sumber setiap pembelajaran, perubahan, dan perilaku kita sehari-hari.

    “Bayangkan tugas mengedipkan mata, memacu denyut jantung, atau memproses makanan di dalam perut. Itu semua PBS Anda yang selalu menggerakkannya,” ujar Issa.

    PBS jugalah, kata Dr. Erwin, yang menyuruh kita mengingat menu sarapan pagi tadi misalnya. PBS juga yang menyuruh Anda fokus pada hal-hal tertentu dan mengucapkan sesuatu.

    “Apa pun tindakan yang Anda ambil, hal itu berjalan sesuai perintah pikiran bawah sadar Anda,” katanya.

    Apa lagi yang PBS lakukan? Sungguh tak terhitung. Sebagai contoh, pernahkah Anda menyadari bahwa pernapasan kita berjalan setiap saat secara otomatis, tanpa diperintah? Hal itu karena alam bawah sadar telah terprogram untuk melakukannya.

    Atau saat Anda mengemudi mobil, secara otomatis melakukan pekerjaan ringan seperti melihat kaca spion, memindahkan gigi, menginjak gas atau rem. Itu semua telah terprogram di dalam alam bawah sadar.

    Kata Dr. Erwin, “Dan situ saja tersimpulkan bahwa PBS adalah otak kita yang sesungguhnya. Dialah yang menjalankan kehidupan, mengatur tindakan yang Anda lakukan setiap hari.”

    Dapat diprogram

    Banyak orang tidak menyadari bahwa di dalam PBS tersimpan berbagai macam emosi negatif maupun positif, yang secara tidak disadari pula memengaruhi cara kita berpikir, berkata-kata, bersikap, dan bertindak. Bila emosi itu positif, tentu tidak menjadi persoalan.

    Namun, bagaimana dengan emosi negatif? Bayangkan jika Anda membenci seseorang, tanpa disadari mungkin Anda akan mengucapkan kata-kata sinis, pandangan mata penuh kecurigaan dan kemarahan, keputusan Anda pun menjadi kurang tepat meskipun Anda secara sadar mencoba bertindak adil. Karena itu, sebaiknya kita membersihkannya.

    Bagaimana cara membersihkan emosi negatif, kepedihan, akar kecemasan, ketidakpercayaan, fobia, trauma, depresi, dan sebagainya? Issa mengenalkan metode TILT untuk mengatasi hal tersebut di atas. Sementara itu, Dr. Erwin berpendapat bahwa rileksasi yang mendalam, pemusatan perhatian (fokus), dan hipnosis dapat berguna untuk lebih banyak mengistirahatkan alam sadar dan memasukkan paham ke PBS.

    Tujuan membersihkan emosi negatif ini tak lain agar kehidupan kita sehari-hari lebih banyak dipengaruhi oleh PBS ketimbang alam sadar. “Dengan cara inilah jiwa menjadi lebih tenang, terpusat, dan tidak stres. Semuanya mungkin terjadi lantaran proses penanaman ide bekerja secara langsung pada otak manusia,” papar Dr. Erwin, yang mengajarkan hipnosis di kalangan mahasiswa psikiatri FKUI ini.

    Dibantu hipnosis

    Masih menurut Dr. Erwin, ketika kita tertidur, aktivitas otak secara normal turun dari beta menuju alfa, teta, dan delta. Sayangnya, mayoritas orang yang tertidur hanya mencapai kondisi alfa atau teta, jarang yang mencapai aktivitas delta. Hipnosis, kata Dr. Erwin, mampu mengatur aktivitas otak manusia menuju frekuensi alfa, tanpa tertidur.

    Pada kondisi alfa, PBS Anda akan terbuka bagi masukan, konsep atau sugesti baru, sementara alam sadar tidak dapat menerima masukan atau sugesti dan merekamnya dengan baik. Alam sadar kita lebih banyak berperan dalam memecahkan masalah, berpikir, dan menyalurkannya dalam bentuk tindakan.

    Dalam sebuah penelitian orang yang terhipnotis, ditemukan adanya pola pada korteks serebral otak manusia. Korteks serebral adalah bagian otak yang merupakan tempat sel-sel saraf. Bagian inilah yang bertanggung jawab memproses pikiran, emosi, persepsi, serta memengaruhi tindakan dan aktivitas motorik sehari-hari.

    Dalam penelitian itu, orang yang terhipnosis menunjukkan penurunan aktivitas pada sisi kiri korteks serebral dan peningkatan pada sisi kanan korteks serebral. Sisi kiri korteks serebral adalah bagian yang mengatur pusat logika otak, yang biasanya bekerja dengan menghasilkan ide-ide, berpikir, memecahkan masalah.

    Sementara sisi kanan korteks serebral adalah bagian yang mengatur kreativitas dan imajinasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi terhipnosis alam sadar menjadi tidak aktif.

    Meditasi: Pintu ke PBS

    The Asian Wall Street Journal pernah memuat artikel Kevin Voight berjudul The New Soul Search. Artikel ini melaporkan tren di kalangan enterpreneur, direktur, dan eksekutif puncak perusahaan kelas dunia seperti Coca Cola Co., Mitsubishi Corp., Siemens AG, HewlettPackard Co., GlaxoSmithKline PLC, hingga Australia & New Zealand Banking Group.

    Mereka mendalami meditasi dan peningkatan kecerdasan spiritual yang mulai dirasakan kebutuhannya dalam bisnis, terutama untuk membantu mengatasi stres. Dengan bermeditasi, mereka dapat menemukan makna dan tujuan hidup. Dan meditasi ternyata juga meningkatkan produktivitas serta kesehatan mereka.

    Pada prinsipnya meditasi adalah kegiatan untuk memasuki pikiran bawah sadar (PBS). Pada saat menyelami PBS, kita menyalami, proses peningkatan kesadaran. Semakin dalam menyelam melalui alfa, teta, delta, dan seterusnya, kita akan bisa mencapai puncak kehidupan spiritual. Di situ kita bisa menemukan tujuan hidup yang sebenarnya.

    Namun, kita punya kebebasan untuk menentukan sampai sejauh mana menyelami PBS. Boleh alfa atau delta. Semakin dalam kita memasuki PBS, kesunyian dan keheningan akan semakin kita rasakan. Energi yang kita miliki akan semakin besar dan kekuatannya semakin dahsyat.

    Sekarang, bagaimana kita dapat menyelami PBS lebih dalam, dan lebih dalam, sehingga kita bisa mencapai lapisan terbawah kesadaran, tempat kita menemukan tujuan hidup yang sebenarnya? Satu-satunya cara untuk mencapainya adalah melalui meditasi penjelajahan transendental (menembus) alam kesadaran yang lebih luas dan lebih dalam.

    Menurut Merta Ada, praktisi Meditasi Kesehatan Bali Usada, lewat meditasi, kita bisa memperoleh energi kehidupan, kekuatan, dan terlebih lagi tuntunan dalam melewatkan hari-hari kehidupan kita. Esensi meditasi adalah berakhirnya pikiran sadar, kemudian memasuki dimensi lain yang berada di alam bawah sadar, dan supra kesadaran.

    Meditasi berarti hening-diam-sendiri. Keheningan muncul bila pikiran sadar berhenti sepenuhnya. Diam berarti berhentinya aktivitas fisik atau irama fisiologis melambat. Dan sendiri berarti Anda melakukannya tanpa bantuan, tuntunan, atau kehadiran orang lain.

    18 Kekuatan PBS

    1. PBS mengendalikan semua proses vital tubuh manusia dan mengetahui jawaban segala persoalan Anda.
    2. PBS tidak pernah tidur, ia selalu bekerja mengatur semua organ vital di tubuh Anda.
    3. Yakin sepenuhnya kepada PBS, ia dapat menjawab semua pertanyaan atas permasalahan Anda.
    4. Masa depan tersimpan dalam PBS. Yakinlah PBS menuntun Anda, percaya dan miliki harapan, maka yang terbaik akan datang.
    5. Yakinlah pada PBS dalam berkarya atau bekerja.
    6. Anda bisa mengubah diri Anda dengan memberikan rancangan baru yang Anda kehendaki kepada PBS.
    7. Apa yang Anda yakini dalam PBS akan terwujud dalam pikiran sadar dan menjadi kenyataan.
    8. PBS tak pernah membangkang. Ia menerima apa yang diperintahkan: menjadi sehat, sukses, kaya, bahagia, dan semua yang positif.
    9. PBS adalah penjaga gerbang, fungsi utamanya menjauhkan Anda dari pikiran dan tindakan negatif.
    10. Semua penyakit dan masalah berasal dari pikiran. Pikiran sehat membuat tubuh Anda sehat.
    11. Hanya ada satu proses penyembuhan, yaitu dengan keyakinan yang dibimbing PBS. Ingat, kekuatan penyembuh ada dalam PBS Anda.
    12. PBS ibarat ladang untuk bibit. Tanamkan bibit baik di dalam PBS, pelihara dengan harapan baik, maka ia akan tumbuh subur.
    13. Anda adalah nakhoda bagi jiwa, tubuh, dan nasib. Anda mampu mengubah nasib jika percaya PBS melakukannya untuk Anda.
    14. Gambarkan hasil akhir yang Anda inginkan, maka akan diwujudkan secara nyata oleh PBS Anda.
    15. Buatlah rencana tanpa menggantungkan metode yang biasa. Semua persoalan selalu tersedia jawaban dan pemecahannya.
    16. Imajinasi adalah kekuatan Anda yang paling hebat.
    17. PBS akan membuat imajinasi Anda menjadi kenyataan.
    18. Sukses berarti kehidupan yang berhasil. Jika pikiran tenang, hati bahagia, dan melakukan hanya yang disukai, berarti Anda sukses.

    Hapus Negatif Bawah Sadar

    Time Line Therapy {TLT) merupakan salah satu metode untuk menghilangkan emosi negatif yang tersimpan di dalam pikiran bawah sadar. Contohnya, perasaan cemas, waswas dan cemas yang memengaruhi perilaku kita.

    “Rasa cemas atau waswas adalah sesuatu kondisi di mana Anda takut pada sesuatu yang sebenarnya belum terjadi. Kabar buruknya, perasaan ini kadang merusak mood dan kondisi kita. Kabar baiknya, TLT dapat menghilangkannya dalam hitungan menit,” ujar Issa Kumalasari, terapis TLT di Indonesia.

    Berikut ini cara untuk menghilangkan rasa cemas atau waswas itu:
    1. Temukan time line Anda. Jika belum mengetahuinya, ikuti langkah menemukan time line pada halaman berikutnya.
    2. Ambil satu peristiwa yang Anda cemaskan atau khawatirkan. Lalu, cari apa sebenarnya yang Anda cemaskan.
    3. Kemudian mulailah mengambang naik di atas time line Anda, dan pergi ke 15 menit “setelah” peristiwa yang Anda cemaskan “telah” terselesaikan dengan berhasil dan sukses.
    4. Setelah Anda sampai di sana, putar badan Anda menghadap dan melihat “sekarang” dan sepanjang time line Anda.
    5. Nah di mana rasa waswas atau cemas tersebut? Sudah hilang? Jika ya, Anda sekarang tahu teknik yang mudah, ringan, menyenangkan, dan dapat digunakan kapan saja Anda merasa khwatir.
    6. Jika belum hilang, ulangi langkah 3 dan 4. Pastikan Anda sampai bisa membayangkan peristiwa yang Anda khawatirkan itu terselesaikan, berhasil, dan tak ada lagi perasaan negatif yang mengganggu karena inilah kunci dari suksesnya latihan ini.

    Harus Ikhlas

    Hampir semua orang ingin bahagia, sukses, dan juga kaya. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mencapainya. Contohnya, orang bisa meraih sukses dan kaya sambil ngotot dan marah-marah.

    Namun, bukan ini yang sebaiknya dilakukan. Cara yang benar adalah dengan ikhlas. Menurut Erbe Sentanu, ikhlas adalah cara untuk mencapai tujuan. Bonusnya adalah kemudahan hidup.

    Kebanyakan orang mengaitkan ikhlas dengan cara untuk menerima kegagalan. “Anggapan ini harus diubah. Ikhlas adalah cara sukses dan bukan cara gagal,” kata pendiri Katahati Institute, pengembang Quantum Ikhlas. Artinya, perlu dilakukan pemrograman ulang pikiran kita tentang konsep ikhlas.

    Ikhlas adalah berserah diri, yaitu menyerahkan diri kepada Tuhan. Sebab sudah dijanjikan, bila manusia mengikhlaskan sesuatu, segala sesuatu akan menjadi mudah.

    “Dengan_kata lain, ikhlas akan memudahkan urusan,” tambah spiritual motivator ini. lni juga berarti, Tuhanlah yang mengerjakan segala urusan manusia bila manusia itu sendiri ikhlas.

    Kekuatan ikhlas kemudian akan mengalir dan mengurusi hidup manusia yang akhirnya menjadi pilihan. Ikhlas menjadi pilihan ketika dipahami posisi teknologinya.

    Dalam buku Quantum Ikhlas, Teknologi Aktivitasi Kekuatan Hati, ia menulis bahwa rahasia meraih sukses dengan relatif mudah, adalah kemampuan mengelola agar pikiran, perasaan, dan perbuatan selaras seirama.

    Di saat kita mengerjakan sesuatu dengan ikhlas, segala urusan menjadi lancar. Sebab pikiran, perasaan, dan tindakan seseorang akan sinkron dan selaras.

    Selama perasaan di hati ikhlas, rela, tenang, enak, dan nyaman, hidup akan terasa seperti itu. Dengan perasaan positif seperti itu, sukses dan performa tinggal masalah waktu.

    Saat seseorang bisa ikhlas, alam vibrasi akan berkolaborasi membantu mewujudkan niatnya. Karena itu, keterampilan untuk memositifkan perasaan menjadi sangat penting, untuk menjamin keberhasilan hidup.

    Bagaimana Mengetahui Time Line?

    1. Ingatlah sesuatu yang telah terjadi. Contoh, kapan bayar telepon bulan lalu?
    2. Saat mengingatnya, sadari memori itu datang dari dan menuju ke arah mana. Anda mungkin merasa masa lalu datang dari kiri dan masa depan menuju ke kanan, atau masa lalu dari belakang dan masa depan di depan, atau di atas, di bawah, dan lain-lain.
    3. Ulangi langkah 1 dan 2. Di mana letak 1 bulan ke depan, 5 tahun ke depan, atau 10 tahun ke depan?
    4. Gambarkan di mana letak masa lalu dan masa depan? Bila dihubungkan, keduanya dapat membentuk garis. Itulah yang disebut time line.
    5. Bila belum menemukannya, ulangi langkah 1-4. Bangunlah hubungan dengan pikiran bawah sadar, tanyakan padanya. Bingung? Memang, proses ini bukan berdasarkan logika.

    “Tidak ada time line yang benar atau salah. Ini hanya cara pikiran bawah sadar menyimpan memori. Bagaimanapun bentuk time line Anda, itu baik untuk Anda,” ujar Issa.

    Bila time line sudah ditemukan, lakukan uji coba sebagai berikut:

    1. Mengambanglah naik di atas time line. Naik lagi lebih tinggi, lebih tinggi sampai time line terlihat hanya 1 inci. Pastikan Anda merasakan benar benar mengambang.
    2. Sekarang kembali ke posisi semula, tetap mengambang di atas time line.
    3. Apa yang Anda rasakan?
    4. Sekarang pergi kembali ke masa lalu, lalu pergi ke masa depan, kembali ke saat ini, dan buka mata.
    5. Anda sudah mengetahui time line Anda. Kini, lanjutkan cara memanfaatkannya.

    Langsung ke Gelombang Alfa

    Dalam keseharian, manusia bterkungkung oleh pikiran yang ke sana ke mari dalam gelombang beta. Itulah yang membuat manusia banyak berpikir dan menjadi tidak tenang. “Ini yang perlu dijinakkan. Saat pikiran dijinakkan, kelebihan manusia akan muncul sendiri karena sudah ada disana,” ujar Erbe Sentanu dari Katahati Institute.

    Cara Nunu, demikian ia biasa dipanggil, menjinakkan pikiran adalah menggunakan brainwave, yaitu program untuk mencapai alfa. Ia merancang CD musik khusus. “Musiknya bisa apa saja, hanya saja dalam musik tersebut ada vitaminnya untuk mencapai alfa,” katanya.

    Teknik brainwave bukan untuk meningkatkan kelebihan, sebab pada dasarnya manusia sudah memiliki banyak kelebihan. Kata Nunu, semua orang berpotensi menjadi seperti apa yang mereka mau, sebagaimana diucapkan dalam doa. Sayangnya kelebihan itu tidak kelihatan karena tertutup oleh kekurangannya.

    Dalam keseharian, sebenarnya Anda bisa masuk dalam gelombang alfa, yaitu gelombang yang merupakan pintu masuk untuk masuk ke pikiran bawah sadar. Saat hari hujan misalnya, dan Anda terkena percikan air hujan, kondisi Anda akan masuk ke gelombang alfa.

    “Karena Anda fokus di situ, sehingga semua urusan tidak ada alias hilang. Yang ada hanya rasa hujan. Itulah gelombang alfa. Nah, untuk mencapai gelombang itu, bisa langsung diperoleh melalui CD brainwave,” tutur Nunu.

    Manajemen brainwave adalah keterampilan mengatur gelombang otak yang paling sesuai dengan aktivitasnya, sehingga bisa mencapai hasil optimal. Dalam bukunya Nunu mengingatkan, proses perbaikan diri yang permanen hanya berhasil jika dilakukan langsung pada otak.

    Empat gelombang otak

    Untuk diketahui, ada empat kategori gelombang di dalam otak kita, yaitu:
    Beta (14-100 Hz): Dalam frekuensi ini manusia berada dalam kondisi terjaga atau sadar penuh dan didominasi logika.

    Otak kiri sedang aktif digunakan untuk berpikir, konsentrasi, dan sebagainya. Gelombang ini juga merangsang otak mengeluarkan hormon kortisol dan norefinefrin yang menyebabkan cemas, khawatir, marah, dan stres. Akibatnya penyakit mudah datang bila manusia terlalu aktif di gelombang ini.

    Alfa (8-13,9 Hz): Orang yang santai, melamun, atau berkhayal, gelombang otaknya berada dalam frekuensi ini. Kondisi ini merupakan pintu masuk ke pikiran bawah sadar, sehingga otak bekerja lebih optimal. Dalam kondisi ini (yang disebut Nunu sebagai tombol ikhas), otak memproduksi hormon serotonin dan endorfin.

    Teta (4-7,9 Hz): Gelombang otak ini menunjukkan seseorang sedang dalam kondisi mimpi. Kondisi ini pula yang membuat pikiran menjadi sangat kreatif dan inspiratif, khusyuk, rileks yang dalam, ikhlas, pikiran sangat hening, indra keenam, atau munculnya intuisi.

    Delta (0,1-3,9 Hz): Gelombang ini terjadi kala orang tidur dengan pulas tanpa mimpi, tidak sadar, dan tidak berpikir. Pada gelombang ini pula otak mengeluarkan hormon pertumbuhan yang bisa membuat orang awet muda.

    Lima langkah ke bawah sadar

    Berikut langkah untuk masuk ke pemrograman pikiran bawah sadar yang diajarkan Nunu:
    1. Duduk atau berbaring nyaman dan rileks. Pejamkan mata, bila perlu iringi musik lembut. Tarik napas panjang dan dalam, rasakan udara dingin masuk ke seluruh tubuh lewat hidung. Perlahan Anda memasuki gelombang alfa. Nikmati keadaan ini beberapa saat.
    2. Ucapkan dalam hati afirmasi yang Anda buat, misalnya, “Saya sembuh total dan bisa beraktivitas dengan bebas.”
    3. Visualisasi keadaan atau tujuan yang diharapkan tersebut ke dalam layar mental. Bayangkan Anda sehat dan melakukan berbagai aktivitas. Gambarkan dengan jelas, sehingga Anda benar-benar dapat melihat diri sendiri dalam pikiran.
    4. Sambil membayangkannya, tambahkan suasana hati atau perasaan positif jika tujuan itu tercapai. Hati dipenuhi rasa bahagia dan syukur. Ambil napas panjang dan dalam, nikmati perasaan itu.
    5. Lalu, hitung perlahan dari 5,4,3,2,1 sambil menarik napas panjang dan dalam. Setelah hitungan 0, bukalah mata Anda.

    Jika proses itu terjadi kurang dari 20 menit, ulangi sampai mencapai sekitar 20 menit. Lakukan secara tekun. Perlu diingat, semua memerlukan waktu dan proses untuk menjadi realitas baru seperti yang kita harapkan.

  3. PBS

    Jangan melihat diri kita seperti apa ADA-nya, tapi mari kita lihat, seperti apa kita bisa JADI-nya

  4. PBS

    Siapa yang ingin Sukses? Pertanyaan ini, telah saya tanyakan kepada puluhan ribu orang yang telah saya temui dari seminar ke seminar dalam 2 tahun terakhir. Hampir 100% orang, akan mengangkat tangan, ketika pertanyaan ini ditanyakan. Dan mereka akan mulai bingung, ketika ditanyakan, sukses seperti apa yang anda inginkan?

    Apakah anda telah memiliki definisi yang cukup jelas tentang sukses? Banyak yang akan tergagap, ketika mereka diminta lebih detail..

    “bahagia pak”

    “punya banyak uang pak..”

    “punya mobil dan rumah bagus pak….”

    Menurut survey, dari 100 orang yang menggantungkan diri dari asuransi, hanya 1 orang yang benar-benar kaya, 4 orang bebas secara finansial, 15 bisa hidup sukses, karena memiliki tabungan lainnya, sementara yang 80 orang menjadi tergantung kepada orang lain. Itu adalah salah satu fakta, seseorang yang telah menyiapkan masa tuanya menggunakan tabungan dengan disiplin yang sangat panjang dalam asuransi pun, ternyata tidak benar-benar berhasil secara keuangan, apalagi, jika anda tidak benar-benar menyiapkannya.

    Dalam pencarian saya, untuk merencanakan pensiun yang Financial dan Time freedom, Sekitar 9 tahun yang lalu, saya menemukan dan mulai menerapkan, suatu formula yang telah digunakan oleh guru-guru dunia seperti Robert T. Kiyosaki, Brian Tracy, Jim Rohn bahkan Antony robbin. Formula ini, dalam bahasa inggrisnya disingkat 4D. Ingin tahu formula ini? Inilah dia…

    1.
    Desire

    Keinginan yang kuat adalah suatu fondasi, jika anda benar-benar ingin sukses dalam hidup ini. Apakah anda sudah memiliki minat atau keinginan untuk mempersiapkan kesehatan keuangan anda? Apakah anda sudah tahu persis, rumah seperti apa yang anda ingin miliki? Perjalanan seperti apa yang akan anda nikmati? Berapa besar asset yang anda miliki ketika pensiun nanti? Tidak banyak, orang yang benar-benar tertarik untuk menyiapkan masa depan financialnya. Jika anda benar-benar tertarik dan memiliki keinginan yang kuat, maka anda sudah berada pada D yang pertama, yaitu Desire, atau keinginan. Ini sudah menjadi modal awal yang baik…

    Tips dari saya; Tulislah keinginan-keinginan itu, semua keinginan anda, dari situ anda tentukan mana yang benar-benar anda inginkan, yang jika anda bayangkan itu telah tercapai anda bisa menjadi sangat bangga, sangat bahagia dan mungkin anda bisa meneteskan air mata. Anda merasa, menjadi orang yang berguna, dikandung dan dilahirkan oleh ibu anda di muka bumi ini…tulislah, perjelaslah..Clarity is Power, Kejelasan adalah kekuatan…ada pepatah, mungkin tidak semua apa yang kita impikan akan jadi kenyataan, tapi kita tidak akan mencapai apa-apa jika kita tidak memiliki impian yang jelas. Fakta menunjukkan, 27% orang dimuka bumi ini, hidup dibawah garis kemiskinan, lebih karena faktor tidak memiliki keinginan yang kuat…bagaimana dengan anda? Berani bermimpi kan?
    2.
    Decision

    Ketika anda telah menginginkan untuk suatu ketika memiliki kesuksesan atau kebebasan financial, maka anda harus mengambil keputusan. Keputusan ini perlu dilakukan, karena perjalanan menuju sukses akan menemui berbagai rintangan dan hambatan. Ketika anda berhasil membuat keputusan, maka hati anda akan lebih mantap untuk menjalaninya. Metode yang bisa membantu anda, untuk mengambil keputusan yang sesuai adalah dengan mengetahui, apa sengsarannya, apa susahnya, apa penderitaan yang amat sangat yang akan anda hadapi, jika anda gagal secara financial. Penderitaan itu, bisa jadi penghinaan dari tetangga anda, calon mertua anda, bisa jadi juga perasaan tidak bangga orang-orang yang anda cintai, anak-anak anda tidak sekolah dll.

    Ini sangat penting, karena cara kerja sel-sel tubuh kita, sistem syaraf dan aliran darah tubuh kita, bekerja hanya dengan dua hal saja, yaitu menghindari sengsara dan mengejar nikmat. Menghindari sengsara, memiliki kekuatan sekitar 88%, dan mengejar nikmat, memiliki kekuatan sekitar 12%. Membayangkan sengsara dan penderitaan yang amat sangat dengan sangat detail, akan membuat anda maju dan tak akan mundur lagi. Untuk mempercepat anda mencapai impian anda, anda bisa membayangkan apa padanan fisik yang akan anda peroleh jika anda sukses nantinya. Misalnya, mobil yang bagus, rumah yang bagus dan besar, perjalanan keluar negeri, umroh atau naik haji bersama orang tua dan lain-lain adalah contoh padanan fisik yang banyak digunakan oleh orang-orang sukses dalam memvisualisasikan kesuksesannya.

    Tips dari saya; Ketika anda telah mengambil keputusan, visualisasikanlah apa yang akan anda raih dalam hidup, menjelang tidur dan ketika anda bangun dari tidur anda. Pada saat itu, kondisi pikiran kita sedang alpha, dan jika anda program rasa syukur, kebahagiaan, kebanggaan, percaya diri saat-saat seperti itu, maka itu akan menjadi realitas di dalam hidup anda.
    3.
    Determination

    Determination adalah kebulatan tekad, keteguhan hati…

    Sampai di langkah kedua, anda masih berada pada tahapan pemikiran dan perasaan. Determination, anda di uji di level tindakan. Banyak orang yang memiliki cita-cita yang tinggi, hasrat yang kuat, namun dia gagal ketika melihat dan bertemu, jalan menuju sukses ternyata begitu berliku, banyak tanjakan dan turunan, batu-batu penghalang terlalu banyak untuk dilewati. Disini anda perlu memiliki determinasi, keteguhan hati yang tinggi, hasrat yang menggebu-gebu, membara dan tak terpadamkan. Anda berpikir, sukses adalah suatu nilai kehidupan yang perlu anda raih. Ini adalah hasil dari sebuah keputusan, seakan tidak ada jalan lain yang harus ditempuh, Maju atau Menang…

    Tips dari saya; Bangunlah lingkungan kelas satu…orang-orang yang akan mendukung pencapaian anda. Robert T. Kiyosaki mengatakan, Pemenang berkumpul dengan pemenang, pecundang bergerombol dengan pecundang. Ini terlihat nyata dalam kehidupan nyata kita, itik akan berkumpul dengan itik, elang bergaul dengan elang…yang manakah yang anda akan tempuh? Apa pun keputusan anda sekarang, akan sangat menentukan masa depan anda…
    4.
    Discipline

    Hal yang berikutnya yang menjadi faktor penentu dalam kesuksesan adalah Disiplin. Disiplin dalam meraih tujuan atau impian hidup anda. Disiplin ini, meliputi disiplin pikiran, perasaan dan tindakan. Banyak orang gagal, karena dia tidak disiplin pada pikiran, tidak FOKUS, terlalu banyak hal yang dikerjakan, sehingga menyebabkan pikiran menjadi tidak fokus. Disiplin perasaan juga menjadi salah satu sebab kegagalan, ketika orang lain terlihat hidup dengan tidak terlalu ngoyo, tidak terlalu ngotot, dan terlihat damai, orang menghina dan mengejek jalan yang kita tempuh, kadang-kadang, disinilah perasaan kita menjadi bimbang dan ragu. Akankah kuteruskan perjalananku, atau mengikuti seperti yang orang kebanyakan lakukan?

    Saya pribadi punya prinsip dalam hal ini, ” Hanya ikan mati, yang berenang mengikuti arus”.

    Saya tidak mau, karena melihat orang rata-rata, lalu saya memperlambat kecepatan saya. Kita memang sekali waktu, perlu istirahat, merenung dan instropeksi diri, tapi bukan berarti kita akan membiarkan diri kita menjadi 56% orang, yang hidupnya tergantung pada orang lain, ketika usia pensiun nanti.

    Apa cita-cita, impian dan tujuan hidup anda? Sukses Financial, mungkin adalah salah satu pendukung utamanya. So..kenapa tidak rancang masa depan anda dari sekarang dengan FORMULA 4D ini?

    Pernahkah anda meragukan kemampuan anda dalam melakukan sesuatu?

    Mungkin anda ingin membuka usaha, tapi anda mengatakan pada diri anda..”wah, jangan-jangan, nanti saya gagal”

    Mungkin anda ingin mencoba, satu cara baru, dalam kerja anda, tapi anda berkata pada diri sendiri “wah, yang cara lama aja sudah terbukti, ngapain coba-coba cara yang baru? Kalo salah bagaimana?”

    Bisa jadi, anda ingin mencoba jalan baru, keluar dari rutinitas anda, jalan pulang pergi anda menuju ke kantor…dan anda berkata dalam hati…”jangan-jangan nanti tersesat, malah jadi lebih lama”

    Perasaan dan pikiran seperti itu, terjadi dalam diri setiap orang. Setiap orang melakukan self talk sekitar 60.000x setiap harinya. Dan penemuan termutakhir adalah, Kualitas hidup setiap orang, tergantung dari kualitas self talk yang dilakukannya setiap hari itu.

    Seperti yang dikatakan oleh Brad Sugars, sang pendiri ACTION COACH yang telah berkembang lebih dari 26 negara, “Kualitas Hidup anda, ditentukan oleh kualitas pertanyaan anda”

    Banyak orang yang tidak menyadari, bahwa dirinya dibatasi oleh pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya, kepada dirinya sendiri. Pertanyaan-pertanyaan, yang akhirnya menjadi batasan dirinya.

    Misalnya, ketika anda sedang berpikir, untuk membangun usaha sendiri. Karena krisis global dan krisis moneter yang telah anda temui di 1998 dan 2008, membuat anda selalu deg-degan ketika melihat berita PHK besar-besaran di koran. Bahkan anda menjadi depresi, hanya karena melihat ramalan para ekonom, tentang kesulitan ekonomi yang mungkin akan dihadapi untuk masa depan. Anda sudah tahu bahwa jawabannya, anda harus mempunyai usaha sendiri. Apalagi anda lihat-lihat, ternyata kebutuhan barang-barang selalu naik, sementara perusahaan belum bisa mengikuti perkembangan terakhir dan memang biasanya selalu lambat dalam mengikuti perubahan…

    “Saya harus buka usaha sendiri..saya harus belajar..”, gumam anda sambil mengepalkan tangan..

    Tiba-tiba…dari dalam hati, ada suara yang halus yang menyahut ..

    “nanti kalo kamu gagal gimana?”

    “apa gak sayang, semua uang tabungan yang telah dikumpulkan puluhan tahun terkuras habis?”

    “bagaimana sekolah anak-anak nanti?”

    “Apa kata temen-temen di kantor?”

    Dst….dst…

    Tekad anda untuk membuka usaha tiba-tiba di bombardir oleh self talk yang melemahkan anda…

    Inilah yang dimaksud dengan self limitation..

    Tiba-tiba anda dibatasi oleh bisikan-bisikan kecil yang melemahkan…

    Kualitas pertanyaan anda, menentukan masa depan anda…

    Lalu bagaimana cara mengatasinya?

    Saya usul sebuah tips kecil, yang biasa saya lakukan, ketika mengalami hal ini…

    Rubah pertanyaannya menjadi positif..misalnya:

    “Bagaimana caranya, agar saya lebih bisa memastikan, bahwa kemungkinan sukses mendekati 100%”

    “Cara apa yang saya lakukan, agar saya mempertaruhkan hanya sebagian tabungan, dan bisa kembali dalam 3 bulan atau 6 bulan?”

    “Bagaimana cara memastikan, agar SPP anak-anak tetap aman, sementara saya mencoba usaha baru saya?”

    “Bagaimana caranya, agar temen-temen di kantor mau memberi dukungan moral kepada saya, ketika saya memulai, atau bahkan menghadapi tantangan dalam bisnis saya?”

    Apakah anda melihat perbedaan-perbedaan perasaan yang muncul, ketika pertanyaan-pertanyaan itu dilontarkan kepada anda?

    Lebih bersemangat bukan? Lebih kreatif dalam berpikir untuk menemukan cara-cara baru untuk sukses bukan?

    Ok..semoga ini bermanfaat, segera rubah kualitas pertanyaan anda…itu pasti merubah kualitas hidup anda..

  5. Ningsih

    Hanya karena kita tak memahami kehidupan di dunia ini, maka kita berada dalam kegelapan.

    Pikiran adalah permukaan hati, dan hati adalah kedalaman pikiran. Apa yang datang dari dalam menyentuh kedalaman, dan yang di permukaan hanya berada di permukaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s