Aefa Zolaedo ba Fatua Lö Mbohösi Ba Da’ö So Ita

solaAefa zolaedo ba fatua lö mbohösi ba da’ö so ita artinya kita sudah lalui Zolaedo tapi belum sampai ke Bohösi disitu kita berada. Zolaedo dan Bohösi nama dua sungai yang mengapit satu wilayah dalam satu jalan raya menuju suatu tempat Teteholi Ana’a. Teteholi Ana’a merupakan tempat yang dicita-citakan untuk dituju karena disana akan mendapat kebahagiaan di desa yang sempurna.

Untuk menuju desa Teteholi Ana’a (Tahta Emas) berbagai manusia yang datang dari pelosok dengan menempuh perjalanan kaki yang jauh, mendaki gunung, melewati lembah, menyebrang dan menyusuri sungai serta memasuki jalan setapak di hutan, jalan berlumpur melewati hujan dan terik matahari. Dan sebelum sampai di Teteholi Ana’a akan melewati Zolaedo dan selanjutnya dikaki bukit menuju Teteholi Ana’a ada sungai Bohösi. Sesaat lagi akan mendaki gunung menuju Teteholi Ana’a. Jadi antara Zolaedo dan Bohösi merupakan dataran rata terakhir menuju Teteholi Ana’a diatas bukit.

Disinilah tempatnya orang beristerahat sejenak, mencuci kaki dan mengganti pakaian dengan yang bagus sebagai persiapan memasuki Teteholi Ana’a. Inilah cerita di Nias yang penuh makna religius sebagai ilustrasi kehidupan manusia di dunia yang diakhir hidupnya menuju rumah Bapa yang kekal di surga.

2 Komentar

Filed under Opini

2 responses to “Aefa Zolaedo ba Fatua Lö Mbohösi Ba Da’ö So Ita

  1. Siduhuaro Waruwu

    Jadi antara Solaedo dan Bohösi merupakan tempat persiapan ya. Kalau boleh tau berapa jauh jaraknya dan bagaimana keadaan lingkungannya. Apakah disana ada warung makan dan toko pakaian ?

  2. Ferdinan Mendrofa

    Berarti kita sedang berada dalam persiapan menuju ke tempat yang penuh damai sejahtera, sukacita dan kebenaran atau suasana surga yang ada di muka bumi. Pembersihan lahir bathin diri kita setelah melalui berbagai suka duka kehidupan.

    Wah ini filosfi yang sangat tinggi.

    Ya’ahowu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s