Putra Tugala Lahömi, Pendeta Best Hia STh, Sang Pionir Usaha Fotocopy

Masyarakat Nias di Jabodetabek, sumatera utara dan bahkan diseluruh pelosok Pulau Nias sudah sangat identik dan familiar dengan usaha fotocopy.

Bagaimana awalnya hal itu bisa terjadi ?

Kalau boleh kita telusuri tak lepas dari peran seorang Putra Nias yang bernama Besökhi Hia yang selama beberapa tahun di tahun 1980an menjadi karyawan studio foto yang besar MEGA PHOTO STUDIO DAN FOTOCOPY CENTER yang beralamat di Pasar Cengkareng Jakarta barat. Berkat keahlian dan keterampilan yang telah didapatkan oleh Ama Eho, panggilan khas Nias pak Besökhi Hia memberanikan diri keluar sebagai karyawan Mega Studio Photo dan fotocopi center pada tahun 1988 dan membuka usaha fotocopi dan studio foto di daerah Sewan Tangerang – Banten

Tahun demi tahun digeluti secara sungguh-sungguh oleh Pendeta Best Hia, STh panggilan beliau di gereja Kristen Rahmani Indonesia (GKRI) tempat beliau melayani sebagai hamba Tuhan sehingga usaha fotocopi dan studio foto ini membuka beberapa cabang di kota Tangerang. Seperti di Pasar Baru dan Kota Bumi, dalam mengisi tenaga kerja utk menjalankan usaha ini beliau memperkerjakan putra-putra Nias yang datang ke Jakarta dan belum mendapat pekerjaan. Lama-lama mantan karyawan ini juga membuka usaha fotocopi sendiri dan setelah berkembang merekrut orang-orang Nias yang masih belum bekerja tetap.

maka kita dapat menyaksikan di wilayah jabodetabek bahkan yang pindah ke Medan dan ke Nias dengan bekal ketrampilan ini mereka berani berwiraswasta usaha fotocopi, studio foto, barang-barang ATK (alat tulis kantor).

Hingga tahun 2002 usaha yang dilakukan masyarakat Nias masih berkutat pada item-item seperti disebutkan diatas. Pada tahun 2003 TIATIRA FOTOCOPI DAN FOTOSTUDIO yang dikelola oleh bapak Sinema Mendröfa di Jalan Imam Bonjol Tangerang menambah variasi pelayanannya dengan menyediakan Rental Komputer beserta jasa pelayanan pengetikan, pengeditan, pencetakan(print) dan penjilidan. Dan dua tiga tahun kemudian jasa rental komputer ini menyebar ke usaha-usaha wiraswasta orang Nias.

Tahun 2005 usaha masyarakat Nias ini dikembangkan dengan memakai teknologi digital dalam foto dan pencetakan foto.

Tahun 2006 di Jalan Beringin Raya Tangerang masyarakat Nias memasuki usaha warung internet yang dimulai oleh warnet TIATIRA dan di Harapan Baru Bekasi dibuka oleh Bapak Yoramo Hia.

Profil Pendeta Besökhi Hia STh

Setelah sukses dengan usaha fotocopi dan studio foto beliau yang berasal dari desa Tugala Lahömi kecamatan Sirombu ini menyekolahkan adik-adiknya, membeli rumah, tentu berumah tangga. Salah seorang adiknya sampai selesai dari fakultas kedokteran universitas kristen UKRIDA Jakarta dan beliau juga selesai kuliah Teologia.

Tanggapan sang Adik

Senang sekali bisa mengisi komentar tentang profil Pdt.Best Hia,
saya memperkenalkan diri, saya Berkat Hia adik kandung dari pak Best yang biasa di panggil di gereja GKRI, saya senang sekali ada yang menceritakan tentang profil salah satu putra Nias khususnya di desa Tugala Sirombu,
saya mengikuti abang saya ini ( Pdt. Besokhi Hia Sth) dari saya masih kelas 4 SD tepatnya tahun 1989 di Jakarta, waktu itu beliau masih bekerja di Mega foto studio di Cengkareng, tapi sudah rencana Tuhan dia akhirnya bisa membuka usaha kecil-kecilan berupa foto dan foto kopi serta ATK.

Alhasil banyak teman dan saudara yang bisa berhasil dan menggeluti usaha yang sama bekal pengalaman dari Bang Best. Untuk saya pribadi, saya bisa selesai SD,SMP,SMA bahkan terakhir bisa menyelesaikan kedokteran umum di FK Ukrida Jakarta, dan itu semua bisa dapat saya capai karena anugerah Tuhan yang memakai Bang Best jadi Orangtua, Saudara,Teman dan sebagai pembimbing buat saya.

Selama saya mengikuti Bang Best banyak sekali perkara yang kami lalui bersama tetapi intinya Bang Best adalah orang yang sangat baik, bukan hanya pada keluarga tetapi buat teman dan orang lain yang mungkin baru dia kenal, sifat yang bisa saya ambil dari Bang Best ; menolong orang tanpa pamri dan memberikan yang terbaik untuk setiap pekerjaan yang dia lakukan.

Sukses dan berkat melimpah untukmu abangku, semoga apa yang terus dicitakan dan diimpikan akan tercapai.,
Doakan adikmu biar cepat selesai di program pendidikan dokter spesialis bagian Saraf UGM.Tuhan Yesus memberkati

dr.Berkat Hia
berkat_hiamd@ymail.com

4 Komentar

Filed under Profil, Potensi dan Peluang

4 responses to “Putra Tugala Lahömi, Pendeta Best Hia STh, Sang Pionir Usaha Fotocopy

  1. dr. Jimmy Barus, MSc, SpS.

    Abangku hebat, aku bangga sekali…

    Salam dari Jogja bang, sampai ketemu di Jakarta

  2. dr.Berkat Hia

    Senang sekali bisa mengisi komentar tentang profil Pdt.Best Hia,
    saya memperkenalkan diri, saya Berkat Hia adik kandung dari pak Best yang biasa di panggil di gereja GKRI, saya senang sekali ada yang menceritakan tentang profil salah satu putra Nias khususnya di desa Tugala Sirombu,
    saya mengikuti abang saya ini ( Pdt. Besokhi Hia Sth) dari saya masih kelas 4 SD tepatnya tahun 1989 di Jakarta, waktu itu beliau masih bekerja di Mega foto studio di Cengkareng, tapi sudah rencana Tuhan dia akhirnya bisa membuka usaha kecil-kecilan berupa foto dan foto kopi serta ATK., alhasil banyak teman dan saudara yang bisa berhasil dan menggeluti usaha yang sama bekal pengalaman dari Bang Best. Untuk saya pribadi, saya bisa selesai SD,SMP,SMA bahkan terakhir bisa menyelesaikan kedokteran umum di FK Ukrida Jakarta, dan itu semua bisa dapat saya capai karena anugerah Tuhan yang memakai Bang Best jadi Orangtua, Saudara,Teman dan sebagai pembimbing buat saya.
    Selama saya mengikuti Bang Best banyak sekali perkara yang kami lalui bersama tetapi intinya Bang Best adalah orang yang sangat baik, bukan hanya pada keluarga tetapi buat teman dan orang lain yang mungkin baru dia kenal, sifat yang bisa saya ambil dari Bang Best ; menolong orang tanpa pamri dan memberikan yang terbaik untuk setiap pekerjaan yang dia lakukan.
    Sukses dan berkat melimpah untukmu abangku, semoga apa yang terus dicitakan dan diimpikan akan tercapai.,
    Doakan adikmu biar cepat selesai di program pendidikan dokter spesialis bagian Saraf UGM.Tuhan Yesus memberkati

  3. Sisca

    Selamat melayani pak Pendeta semoga bapak semakin diberkati untuk memberkati orang banyak.

    Shalom
    Sisca

  4. Shalom,
    Semuanya, saya senang sekali dengan Pdt. yang ada di seluruh indonesia khususnya Gereja ONKP Nias. Memiliki semangat untuk mengabarkan kabar baik (injil). Dan setiap apa yang Bapa lakukan kerjakan semua Tuhan membalas akan lebih dari yang di butuhkan. Dari seorang mahasiswa (Peringatan Laia)
    Desa simandaolo.
    Tuhan Yesus Memberkati kita semuanya.

Tinggalkan Balasan

